Ini Hanya Tentang Selera...

Mungkin karena faktor kesibukan (baca: malas :D), belakangan frekuensi posting saya agak menurun. Atau perubahan lain yang saya rasakan adalah, sekarang saya agak menghindari menulis yang terlalu panjang. Sangat berbeda dengan dulu, saat pernah sekali seorang sohiblogger memberikan award untuk popcorn dengan alasan karena tulisannya yang panjang-panjang. Apalagi kalau sudah bercerita tentang catatan perjalanan. Bisa jadi perjalanan tiga hari menjadi suatu cerita sekuel dengan 5 episode, yang masing-masing episodenya juga berhasil membuat telunjuk capek mutar scroll mouse ke bawah. :))

Tapi sepertinya masa-masa itu telah berlalu, kawans...

Belakangan ini, kalau kawan-kawan perhatikan, tulisan saya kian lama kian pendek. Bahkan kapan itu pernah membuat postingan yang hanya berisi empat baris tulisan. Awalnya itu whaowwwww banget untuk saya, dan ternyata juga ada beberapa sohiblogger yang mungkin sudah mengenal popcorn cukup lama, yang menyampaikan di kotak komentar bahwa "Rasanya ini postingan terpendek yang ada di Popcorn" --walaupun redaksinya tidak tepat seperti itu, tapi kurang lebih begitu lah yaa isinyaa...

Namun ternyata kawans, tidak hanya perubahan dari kebiasaan membuat postingan di blog yang berubah. Saya juga kian menyadari, sayapun sekarang agak enggan membaca tulisan yang terlalu panjang. Entah kenapa, pastinya tidak saya sengaja. Awal masuk ke blog baru, yang biasanya merupakan kunjungan pertama, hingga saya belum tau benar style menulis dari blogger yang sedang saya kunjungi rumahnya itu, saya selalu menyempatkan untuk menarik scroll di halaman tersebut hingga kebawah. Jika ternyata tulisannya cukup pendek, maka saya akan kembali ke atas dan mulai membaca. Namun jika panjang, apalagi dengan font yang kecil dan spasi rapat, hmmm, rasanya tidak perlu berpikir dua kali untuk mengklik close tab sesegera mungkin.

Walaupun sebenarnya batasan panjang-pendeknya pun sangat subyektif, menurut pemikiran saya saja...

Tidak hanya tentang panjang pendeknya tulisan, namun juga isi. Hmmm,.. Sepertinya otak saya sekarang sedang dalam tahap 'perubahan selera ngeblog'. Ngeblog disini maksudnya keseluruhan kegiatan blogging ya, mulai dari membuat postingan, promo postingan, hingga blogwalking. 

Dulu juga, saya suka dengan tulisan-tulisan cantik dengan makna yang boleh dibilang multi tafsir, semacam puisi, atau syair-syair yang, saat membacanya bisa memberikan ketenangan tersendiri. Tapi lagi-lagi itu dulu kawans, sekarang tidak lagi. Saat ini, jujur saya katakan kalau saya lebih suka membaca tulisan-tulisan ringan, tentang cerita keseharian seseorang. Entah yang lucu, yang horor, yang aneh, absurd, dan sebagainya. Saat ini juga saya lebih menyukai tulisan yang sederhana, yang apa adanya, yang tidak bertele-tele, yang mengatakan A jika ingin menyampaikan A, tidak harus melalui B kemudian ke C singgah ke D lalu berpaling ke E hingga kembali ke A. Saya juga sangat menyukai tulisan yang berupa opini. Ahh ya, jadi ingat kalau kategori 'opini' di popcorn sudah lama tidak terisi. Jadi postingan ini saya masukkan ke kategori itu saja yaa... :D

...karena dibalik kesederhanaan sebenarnya terkandung makna yang luar baisa...

Anyway, barusan saya menjelajah ke blog-blog baru, maksudnya blog yang baru pertama kali saya kunjungi. Entah ada berapa blog tadi. Bahkan ada satu blog yang dua, bahkan tiga dari tulisannya yang singkat, ringan, menghibur, yang saya baca dan saya komentari. Sepertinya menyenangkan, berkenalan dengan blogger blogger baru, yang juga akhirnya memberi inspirasi saya untuk menulis postingan ini.

picture source

Yah, ini hanya tentang selera, kawans. Bagaimana dengan selera blogging milik kawans semua? Apapun itu, yang penting kita harus tetep ngeblog. Harus!!! Sampai internet hilang dari muka bumi *pinjam jargon blognya si Asop* :D





*

Temaaaaaaaaaaaaans, ikutan Giveaway: Popcorn's 2nd Anniversary yukk, ada hadiah menarik untuk 6 orang dengan tulisan terbaik. Deadlinenya masih lama kok, masih 16 hari lagi. Ayooo ayooo ayooo ramaikaann.. :D

Comments

  1. emang kadang kalo ga tahu gaya penulisan blognya itu bikin malas juga apalagi kalo fontnya kecil ribet lagi modelnya, bikin ga nita baca :D

    salam kenal ya, makasih lo udha komen diblog gue. Kalo blog gue gimana? *nahlo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog kamu termasuk salah satu yang saya ceritakan di atas loo, dan saya suka tulisannya. Menghibur :D

      Salam kenal juga yaa :)

      Delete
    2. ah bisa aja nih...
      pasti lo waktu balas komen di atas sambil nahan muntah :D

      Delete
    3. Hahahaha... Gak sampe segitunya siii,.. cuma nahan pipis ajah *lha :))

      Delete
  2. Klo saya menulis tergantung lagi mood atau tidak, klo lagi mood yang mgkin tulisannya agak panjang hehehehe,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwehehe.. Jadi mood yang berkuasa ya?? I see

      Delete
  3. everything will be okay kok mbak Armae

    mau nulis panjang, nulis pendek, cuman upload foto seru, itu sah sah saja kok, yg penting tidak menyinggung orang lain ^^

    kalo emang lagi males, kayaknya perlu nyari deh mbak penawarnya. dulu bisa rajin itu kenapa, lha itu yg perlu ditelusuri mbak

    happy blogging mbak Armau ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya faktor kesibukan jadi hal utama. Itu sih yang paling saya sadari. Kesibukan lain bikin gak ada banyak waktu untuk nulis juga blogwalking, jadi yaaa gitu dehh..

      Yang penting sekarang tetap berusaha untuk konsisten ngebblog. Itu saja dulu..

      Happy blogging jugaa buat kamuu :D

      Delete
  4. Wehehehe...
    Kalo aku sukanya post yang menarik untukku...
    Kadang panjang pun menarik, kalau enak dibacanya fontnya juga enak...
    Pendek kadang males juga, apalagi kalo puisi, boten dong kulo T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Samaaa Unaaa,. sekarang saya juga agak anti dengan yang namanya puisi puisi :D

      Delete
  5. aku sudah mulai menurun nih kalau masuk hari jum'at hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungannya sama hari apa ya mbak??? :-/

      Delete
  6. Wow, luar biasa nduutt... Tapi memang benar, menulis kepanjangan itu ga baik, pernah ku baca di tweetnya Babe Jamil, karena waktu tiap orang itu beda2, gak semua betah dengan tulisan panjang2, hehe... :)

    ReplyDelete
  7. iya, masalah selera memang bisa berubah-berubah, tiap detik aja kita sebenarnya mengalami perubahan, kita nggak sadar hingga perubahan itu mengalami tingkatan yang tinggi :)

    ReplyDelete
  8. Lebih baik menulis yg singkat2 saja, namun tepat pada tujuan/tema artikel tsb. kalau perlu berilah gmbbar pada postingan utk memperjelas dan supaya pengunjung tdk jenuh ketika sdg membaca artikel, bisa sambil lihat2 gambar. hehe :)
    Salam kenal..!!!
    http://bangdadan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh,.. Sarannya mantabb :-bd
      Makasi Bang Dadan, salam kenal juga yahh :D

      Delete
  9. Saya berusaha menerima apa saja jenis tulisan dari bewe. Selalu dapat sesuatu/ilmu dari bewe...

    ReplyDelete
  10. salam kenal...
    kl saya sih tergantung selera mbk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaaa :)
      Nah, kan emang cuma masalah selera

      Delete
  11. Kalau soal selera, aku rada emoh baca postingan yang panjang2 dan kesannya (kesanku, mungkin) serius banget.... Pusing.... Sama kayak kamu, lebih suka baca yang ringan2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Topiknya ringan, bahasanya ringan & mudah dicerna, plus disertai foto2 atau gambar2..... Nah itu selera aku banget bacaan blognya.... Hahaha

      Delete
    2. Hahha.. sepertinya selera kita hampir sama Nuel.. *tosss :-bd

      Delete

Post a Comment

Speak Up...!!! :D

Popular Posts