serunya berteka-teki

Disuatu malam, beberapa tahun yang lalu, tiba-tiba seorang teman mengirim sms seperti ini:

VYBIRLBH
“without wax”

Clue: ½=13

Message details:
From: a friend <+628563279xxx>
Subject: VYBIRLBH
Date: xx.xx.xx
Time: xx.xx PM
Type: Text message

Hampir semalaman mikir lamaaaa banget tentang teka-teki diatas. Bukan masalah huruf-huruf acaknya, melainkan clue-nya. Karena kalo clue-nya gak ketebak, huruf-huruf tersebut gak akan  kebaca. Ditambah lagi ada kalimat “without wax” yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “tanpa lilin”. Namun sayangnya, arti kata tersebut tetap masih tidak menunjukkan apa-apa.

***beberapa bulan kemudian***

Suatu malam, aku jalan-jalan ke toko buku diskon Toga Mas sama seorang temen. Pas nyari-nyari buku yang bagus, tiba-tiba ketemu sama buku terbarunya Dan Brown, judulnya Digital Fortress (Benteng Digital). Waktu itu aku baru selesai baca ketiga buku pertamanya, dan sangat antusias. Jadi tanpa pikir panjang, akhirnya aku membeli buku itu. Delapanpuluhsekianriburupiah melayang begitu saja. Hmmmmm…


Sepulang dari Toga Mas, gak langsung balik ke kos, melainkan di ajak temen nongrong di warung kopi daerah Kawi. Aku gak ngerti persisnya alamatnya dimana karena warung tersebut semacam berada di ujung gang. Dan jalan untuk kesana berkelok-kelok cukup rumit. Yahh,. Tak perlu dijelaskan lah kalau begitu. Dan begitu sampai di lokasi, aku langsung memesan menu favoritku, kopi susu tanpa gula.

Sambil menunggu pesanan datang, aku membuka buku Digital Fortress yang baru saja ku beli. Sekilas dari sampulnya, buku tersebut dapat diketahui menceritakan tentang kode-kode rahasia, dunia para cryptograph (pemecah kode), serta tulisan khas seorang Dan Brown yang selalu memicu para pembaca karyanya untuk senantiasa berpikir cepat, berpikir kritis, tanpa melupakan sedikitpun petunjuk-petunjuk yang tersebar di tiap halaman. Sangat menarik. Dan aku tidak sabar untuk mulai membacanya.

Halaman tiga puluh, merupakan halaman pertama yang kubuka. Disitu langsung terlihat jelas empat kata, terdiri dari beberapa huruf yang tersusun acak tak terbaca. Aku membaca beberapa paragraf sebelum dan sesudah deretan huruf tersebut, dan menyimpulkan bahwa itu merupakan sebuah kalimat yang sebenarnya pemecahannya sederhana, yakni hanya mengubah setiap huruf dengan huruf berikutnya yang sesuai dengan urutan alphabet—“A” menjadi “B,” “B” menjadi “C,” dan seterusnya. Secara tiba-tiba, aku langsung teringat dengan teka-teki yang diberikan temanku. Aku langsung membuka hp, dan membaca ulang smsnya beberapa kali. Dan seketika, aku langsung paham apa maksud dari clue ½=13!!!

Awalnya pengen langsung minta kertas dan pulpen di warung kopi tersebut untuk memecahkan kodenya, karena biar bagaimanapun, aku perlu menulis. Tapi ku urungkan. Akhirnya dengan terburu-buru, aku langsung meminta pulang agar bisa langsung memecahkan teka-teki tersebut di kos.

Begitu sampai di kos, langsung ku ambil selembar kertas dan pulpen pilot hitam kesayanganku, lalu ku tulis:

½ = 13
1  = 26 (dan 26 merupakan jumlah alphabet!!!)

Lalu aku langsung menulis juga:

A  B  C  D  E   F  G  H   I   J   K  L  M
N  O  P  Q  R  S   T  U  V  W  X  Y  X

Dan seketika semua jelas. Jika huruf-huruf VYBIRLBH di gantikan dengan huruf di seberangnya (lihat deretan huruf diatas), maka huruf-huruf tak terbaca itu akan menjadi suatu kalimat yang aku yakin sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman semua. Saat itu juga aku langsung mengirim sms balasan ke temanku itu, namun ternyata masih belum terjawab sepenuhnya, karena aku masih belum tau apa maksud dari “without wax” atau “tanpa lilin” dalam teka-teki itu. Hmmm,.. aku masih punya PR ternyata.

***beberapa hari kemudian, saat-saat terakhir membaca Digital Fortress***

Di halaman lima ratus enam puluh pada buku tersebut, ada tulisan,

Sambil menggosok matanya yang masih mengantuk, Susan membalut dirinya dengan selimut dan membaca catatan itu,
“Susan tersayang,
Aku mencintaimu.
Tanpa lilin, David”

Whewww… ternyata memang kuncinya terdapat di buku tersebut. Walaupun teman yang memberikan teka-teki itu tidak memberikan petunjuk sama sekali tentang kaitan antara teka-tekinya dengan salah satu buku Dan Brown. Dan pada halaman selanjutnya, dipaparkan dengan jelas dan gamblang mengenai apa yang dimaksud dengan “tanpa lilin”, atau “without wax”.

Rahasia di balik “tanpa lilin” terlalu manis. Sejarahnya kuno. Selama zaman Renaisans, para pematung Spanyol yang membuat kesalahan saat memahat marmer mahal biasanya menambal bagian yang sompal dengan cera—“lilin”. Sebuah patung yang tidak bercela dan tidak membutuhkan tambalan disebut sebagai sebuah “patung sin cera”, “patung tanpa lilin.” Frase itu akhirnya berubah arti menjadi jujur atau benar. Kata dalam bahasa Inggris “sincere” (tulus) berasal dari bahasa Spanyol sin cera—“tanpa lilin.” Kode rahasia “tanpa lilin” sebenarnya bukanlah sebuah misteri. David hanya menandatangani surat-suratnya “Sincerely” atau “Dengan tulus.”
Note: saat semua terpecahkan, aku baru ingat kalau teman yang memberikan teka-teki tersebut, juga merupakan penggemar berat Dan Brown, sama sepertiku. Ughhhhhhh…

*postingan ini diikutsertakan dalam acara giveaway mbak Fanny yang bertema 

Comments

  1. Hooooo hebaaat! Hebaaat! Ternyata dunia ini teramat luas, ada bidang2 kriptograf seperti di novel itu yang membuat saya takjub. :D :D

    Ehem... pada akhirnya artinya adalah I love You... :D

    ReplyDelete
  2. Asop: iya,. aku juga takjub. sejak baca novel itu dan berhasil mecahkan teka-tekinya, jadi semakin sukak dengan kode2 gitu.
    whewwww... dijawab juga. dan anda benaaarr. hhehehehe :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata mau bilang cinta hehe..
    Melihat tatanan huruf diatas, saya jadi ingat bahasa gaya jogja. Yang membedakan, kalau jogja pakainya huruf jawa (ha na ca ra ka, dst), dan melewati satu baris...
    Asik juga buat teka-tekinya hehe..

    Terimakasih
    Salam

    ReplyDelete
  4. wah penggemar Dan brown toh...aku cuma baca satu bukunya yg Da vinci code. btw, makasih ya udah ikut serta

    ReplyDelete
  5. aku suka postingan ini, tanpa lilin..

    ReplyDelete
  6. whoaaa kereeen :D dan bukunya mupeeeng :D
    without wax hhahha nice ya :D

    ReplyDelete
  7. Jadinya yang sms itu temen atau "temen" ar? hohoho..

    ReplyDelete
  8. wah turus di balas VYBIRLBHGBB apa ga?

    ReplyDelete
  9. waahh asik teh, kodenya.

    mau coba beli ah bukunya.

    ReplyDelete
  10. ini yang agak males untuk baca buku.. hahaha ribet, kalo gue cocokan komik kali yak haha

    ReplyDelete
  11. sms teka teki dan buku yang penuh teka-teki.... kok bisa kebetulan gini nyambungnya yaa... hahaha

    ReplyDelete
  12. Sukadi: waowwww.. sudah aksara jawa, pake di bolak balik pula??? hmm,. rumit sekali rasanya ya. tapi menarik. hehe..trimakasih kembali sudah main disiniii :D

    Fanny: yapp,. sangat. coba baca buku yang ini. sedikit berbeda dengan da vinci code. ini jauh lebih modern :)

    mas Andy: makasiiiiiii :D

    fiction world: cari aja di toko buku, sepertinya masih ada kok ^^

    mas Tri: temen kok mas,. temeeeeeenn.hahahaha

    ReplyDelete
  13. Baha Andes: nggaaaaaakk.. aku cuma ngasi tau jawabannya doank, dengan analisisku. karena aku tau itu hanya sekedar teka teki *moga gak salahh* :D

    Kaz: cari aja bukunya. insyaallah masih ada di toko buku. :)

    Urkhan: wah,. sayang sekali. tapi aku juga sukak baca komik kok :)

    Sam: aku juga bingung. mungkin pas momennya buku terbaru Dan Brown keluar, trus temenku udah baca, dan ngasi tekai teki itu ke aku. :)

    ReplyDelete
  14. teman yang sama2 penggemar dan brown di ketahui lewat teka teki. Itulah teka teki yg terkadang sangat susah buat di pecahkan namun bsa juga di ketahui tanpa di duga2. Namanya juga teka teki :D

    ReplyDelete
  15. Hmmm.. I see..
    Good luck then bwt giveawaynya..
    Btw, tu temen cuma ngasih teka teki itu aja kah?cz biasae org klo doyan ngasih tekateki ga bkl ngasih cm 1..

    ReplyDelete
  16. yayack faqih: heheh.. iyah. teka teki itu bisa jadi mudah buat satu orang, dan sangat sulit buat orang lain. :)

    edja: makasiiii. seingatku si cuma satu itu. gak tau lagi yaa kalo ternyata aku lupa >,<

    ReplyDelete
  17. kalau tahu kode rahasia dengan baik,kemungkinan bisa masuk Google loch
    soalnya Google tuh mencari karyawan dengan cara tidak lazim alias kode sandi :)

    ReplyDelete
  18. Andy: ha?? oia??? menarik sekali yaaa... hehe

    ReplyDelete
  19. Super sekali !
    Mantan detektif seperti saya langsung sumringah membaca kode diatas :)
    Hahaha #sok banget nih sy.

    ReplyDelete
  20. Uchank: hahaha,, senang bisa membantu anda menjadi sumringah :)

    ReplyDelete
  21. tp yg bikin heran, seandainya km gak beli buku Dan Brown yg Digital Fortress, pasti teka-teki itu gak bakal terpecah sampe skrg, betul gak? berarti itu namanya km sedang dituntun utk menemukan jodohmu sob.. wah, jd penasaran kelanjutan "I Love U" nya... siapa sih someone tersebut? ciyeee... ada yg lg jth cinta tuh ama km..
    ^_^

    oya, ada yg terlewat alphabetnya, yg "Z" kmna tuh? hihihi...

    semoga menang ya..

    ReplyDelete
  22. baru tahu klw ada clue semacam itu, 1/2 = 3 hahaha...

    keren! :D
    -salam-

    ReplyDelete
  23. Yan: keren yang bikin teka teki. hehehe.. itu 1/2=13 maksudnya yaaa... :)

    ReplyDelete
  24. untung ga sia2 yah keluar duit 80ribuan. kan gara22 tuh buku bisa kejawab teka tekinya, hehehhe

    ReplyDelete
  25. Nuel: alhamdulillah sampe sekarang Dan Brown belum pernah mengecewakanku *tseeehhhh
    maksudnya walopun gak ada teka teki, aku juga gak nyesel beli buku itu.hehe

    konde: ha? sampe kayak header surat resmi gitu?? whewww..

    outbond malang: hai hai. salam kenal jugaa :D

    ReplyDelete
  26. teka-teki dan brown memang menarik.. buku pertamanya yang ku baca jelas da vinci code dan 2 lainnya ya salah satunya itu digital fortress

    ReplyDelete
  27. hahah bagus emang ini, gue sih uda baca digital fortress.
    dari pacarnya brrti ya ? hhhhh

    ReplyDelete
  28. waduuh,, teka-teki emank nii ya.. kereen,... ;D

    ReplyDelete
  29. wuiiiih ini kayak detektif. napa ya jawaban selalu muncul tiba2 dan kebetulan?

    ReplyDelete
  30. wah asli... keren nih tulisan. Teka-teki yang akhirnya terungkap. selamat mbak..
    bacaannya juga keren.

    bacaan berkualitas biasanya akan berdampak pada tulisan yang berkualitas juga ^_^.

    tapi ngomong-ngomong, kopi susu tanpa gula emang enak ya mbak?

    ReplyDelete
  31. DuniaPeyen: whewww.. ketemu penggemar Dan Brown jugak. asikkk.. hehehe

    volverhank: emmmh,. sepertinya di kalimat pertama postingan ini sudah jelas yaa,. itu temen. temeeeeennnn!!!! hihih

    yahya: iyaaaa donk,. masak bo'ong2an -_-"

    rusydi: mmmhh,. kenapa ya? mungkin biar kita selalu memperhatikan hal2 disekitar kita yang sederhana, sebelum melangkah ke yang lebih rumit :)

    fifinnugroho: trimakasih banyaaaaaaaaakkkk. KSTG?? enak banget lahh. asal takaran susu kental manis dan kopi nya pas. soalnya aku gak terlalu sukak manis. jadi kalo ditambah gula lagi, pasti brasa eneg. coba dehh :)

    ReplyDelete
  32. seru banget baca postingannya.
    hehehehehe

    ReplyDelete
  33. saya jg suka baca novel2nya Dan Brown.. apalagi buku Digital Fortress. Sesuatu bangeeet.. :D

    ReplyDelete
  34. Pekanbaru: hahahayy,. sesuatu. apa ya itu sesuatu?? >,<

    ReplyDelete
  35. Penghuni60: jyahaha.. huruf 'Z'nya salah ketikkk :p
    someone? hmm.. aku percaya kok kalo dia cuma mau ngasi tebak-tebakan itu aja. gak lebih.
    kalo pengen tau, aku kasih klu nya, sebenarnya orangnya ada disalah satu pengkomentar postingan ini :)

    ReplyDelete
  36. Yang kirim sms a/n yayack faqih?

    ReplyDelete
  37. Keren teka-tekinya, jadi kepengen beli bukunya... mantap keren gan (y)

    ReplyDelete

Post a Comment

Speak Up...!!! :D

Popular Posts