Prambanan Lagi!

Ntah sudah kali ke berapa, semenjak pindah domisili ke Jogja, salah satu obyek wisata yang paling sering saya kunjungi bersama Mas adalah Candi Prambanan. Mungkin karena lokasinya yang cukup dekat, mungkin kekuatan mistis Roro Jonggrang yang masih menggema seantero Indonesia, mungkin juga wisata Candi memang masih jadi primadona dan ikon wisata Jogja --sekalipun secara de facto dan de jure, candi-candi tersebut tidak termasuk dalam wilayah kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, serta berbagai kemungkinan lainnya.

Terakhir kali ke Candi Prambanan sekitar bulan Agustus 2017, membersamai kawan lama yang singgah ke Jogja, dalam perjalanan menuju Cirebon. Singgahnya sampai sempat nginap dan jalan-jalan. Hahhha :D

Menariknya, tempat wisata di Jogja (dan sekitarnya) ini hampir selalu mengalami pembaharuan maupun renovasi di tiap momen tertentu. Ini menjadi salah satu hal yang membuat kami, para pengunjung setia, tidak mudah bosan, hampir selalu bisa merasakan 'surprised effect', 'whaoww moment', dan semacamnya. Termasuk saat kunjungan terakhir kala itu. Ada perubahan cukup besar di pelataran candi, yang cukup menarik dan cukup dominan. Salah satunya adalah pindahnya loket dan pintu masuk, yang tentunya juga berpengaruh pada jalur pejalan kaki yang juga berubah.

Begitu melewati pintu masuk, kembali saya dikejutkan dengan hamparan bunga berwarna ungu, di tengah tanah lapang hijau, dengan latar belakang Candi Prambanan. Bagus bangett,. Whaowww bangett. :-bd


Berasanya ada musim semi. Karena selama ini kawasan candi memang lebih sering terasa panas dan kering.

Disamping itu, ada juga giant letter "PRAMBANAN" di tengah jalur menuju candi. Berterimakasihlah wahai para penggemar selfi, kalian terfasilitasi! Tapi saya tidak mengambil foto di depan tulisan tersebut. Selain antrinya lama, obyeknya menurut saya kurang menarik. Sedikit terlihat sih di foto di atas, yang tulisan warna putih itu. :)

Ada juga beberapa bunga dan tanaman yang disusun sepanjang tepian lorong besar tepat didepan candi. Salah satunya adalah bunga cantik berwarna ungu, yang diletakkan terapung di dalam cawan batu besar berisi air. Dan, saat itu saya baru tau kalau itu namanya bunga Teratai. :D


Maafkanlah saya, yang memang bukan penggemar bunga dan berbagai tanaman ini. :D

Thats all, hal baru di Prambanan, yang selalu memikat
Alhamdulillah, cuaca siang itu cerah. Langitnya bagus banget, biru dengan sedikit awan menghampar. Sambil mojok ngiyup di salah satu ruang gelap bayangan candi, saya bersama dua orang teman sempat mengobrol tentang keindahan candi serta keindahan Indonesia. Dan selalu ya, pada akhirnya sangat bersyukur menjadi bagian dari Indonesia yang indah.

Yang kangen foto Prambanan full team, ini saya kasih bonus satu. Mumpung belum terlalu ramai di pagi menjelang siang saat itu. :D


--all picture was taken by my SonyM4Aqua

Comments

  1. Sekali waktu pernah berkunjung ke prambanan. Dan memang tempatnya itu menarik. Pantaslah kalau banyak wisatawan yang berkunjung kesana.

    ReplyDelete
  2. Terakhir ke sana aku ngrasa panas banget cuacanya, mae. Hehe. Akhirnya malah neduh di dalem candi. Anginnya semilir bikin ngantuk. Mayan buat istirahat bentaran sebelum explore yang lain.

    ReplyDelete
  3. Indahnya kota Jogja untuk dijadikan tempat liburan kesana, saya belum pernah kesana hehehe doain ya bisa bisa berkunjung kesana hehehe

    ReplyDelete
  4. Saya terakhir kali berkunjung itu tahun 2008. sepertinya banyak perubahannya yah..

    ReplyDelete

Post a Comment

Speak Up...!!! :D

Popular Posts