Ramadan Lagi, dan Masih di Perantauan

InsyaAllah, tahun ini akan jadi ramadan kedua di tanah Sumbawa, kabupaten Dompu, yang hanya tampak sebagai sebuah titik kecil di Google Maps. Sekian ratus kilometer jaraknya dari bangunan yang boleh saya sebut 'rumah', sekian kali perjalanan udara, sekian kali menyeberangi selat dan laut yang pembelah pulau, sekian jam perjalanan berjarak.

Ada sedikit rasa lupa, bagaimana saya melaluinya tahun lalu? Hmmmm.. Bantu saya mengingat. Sekalipun mungkin tak akan jauh berbeda daripada sebelum-sebelumnya. Di kepala sudah ada banyak rencana, tapi tanggal 3 Agustus 2013 seolah sudah menghantui sejak lama, tanggal dimana saya memutuskan untuk memesan tiket pesawat penerbangan dari Lombok menuju Surabaya. Akankah seperti yang terencana? Kita lihat saja nanti...

Sudah ada perbincangan dengan seorang kawan, makan apa kita malam nanti? Apa menu sahur kita untuk sahur pertama nanti? Sudah beli sandal jepit untuk persiapan tarawih di masjid? Hal-hal kecil yang meramaikan ramadan di tanah rantau. Tanpa mereka, mungkin semua hanya berlalu begitu saja. Terkesan terlalu memikirkan hal yang tak penting memang, tapi justru merekalah yang memberikan warna tersendiri untuk kami para penyendiri.

Ahh ya, mulai menghitung hari juga. Tanggal 10 Ramadan, jatuhnya hari apa ya? Jadi teringat juga obrolan di tengah malam, beberapa waktu yang lalu.

Seseorang nun jauh disana menanyakan pada saya, "Mau hadiah apa untuk ramadan kali ini?"
Singkat saja jawaban saya atas pertanyaan itu, "Saya hanya ingin dibantu doa, semoga ramadan kali ini adalah ramadan terakhir yang saya lalui tanpamu..."
...
"Aamiin... Yaa rabbal 'aalamiin..."
:)
...dan, terbenamnya matahari sore ini menjadi penanda datangnya ramadan :)
Selamat datang ramadan. Selamat berlomba-lomba berbuat kebaikan, kawan. Saya tunggu ceritanya tentang keajaiban-keajaiban yang terjadi di bulan penuh berkah ini yah. Semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin... :)

Comments

  1. doa kita sama, Mae :D
    mengaminkan doamu, semoga dimudahkan prosesnya ya. aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin yaa rabbal aalamiin,. Ila juga yaa, saya tunggu kabar baiknya :)

      Delete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga apa yang menjadi harapan terkabul.

    ReplyDelete
  3. Selamat menjalankan ibadah puasa ya. Smeoga ramadhannya lebih baik dan menyenangkan di perantauan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin,. mbak Lid juga yaa, semoga ibadahnya lancar semua :)

      Delete
  4. Selamat menunaikan ibadah puasa yaaa Kak... :D Semoga Ramadhan kali ini berkah dan dilancarkan puasanya. Hehehe.

    Salam rantauuu. :D

    ReplyDelete
  5. Tolong dibantu ya.. bim salabim sama siapa... prok prok prok..

    bwahahahahahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha.. kalo itu gak usah di simsalabim. Uda muncul dengan sendirinya *tsahhh :))

      Delete
  6. Cie...cie...
    Aamiin...

    Entah keberapa ramadhan saya berdoa seperti itu *semacam curcol :p

    ReplyDelete
  7. "Seseorang nun jauh disana menanyakan pada saya" hmm kalimat ini menimbulkan pertanyaan, siapa dia ? hehehe

    Selamat menunaikan Ibadah puasa, Kak Armae, semoga krasan dan bisa menjalaninya seperti tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu saat kang Sofyan akan tau kok :)

      Delete
  8. Selamat menuanikan ibadah puasa ramadhan..semoga lulus sampai akhir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,. terimakasiih, kamu juga yaa :D

      Delete
  9. samaan, taun kemaren aku juga ramdhan di perantauan

    ambil hikmahnya saja :D

    ReplyDelete
  10. Semangat kawan,

    Kamu juga kerja bukan untuk diri sendiri, kan!

    Semangat!

    ReplyDelete
  11. Amin.
    Ramadhan paling enak jika dilalui bersama orang-orang terdekat dan tersayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eerrrrrrrrr.. kalo ini mah udah tauu,.. |-)

      Delete
  12. Aku jugaaaaa.. Ini tahun kedua puasa tanpa si mamah dan tahun kedua suka bolong sahur (puasa nya nggk, serius) :3

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Mudik doonk. tapi yaa kalo uda dekat-dekat lebaran :D

      Delete
  14. aaah~ ada seseorang yang meleleh ini~

    ReplyDelete
  15. Aamiin..

    smga ramdhan ini aku kuat mnjalaninnya tnpa kamu..eaaa
    #apasih?? :D

    ReplyDelete
  16. kok ora mudik mbak lebaran.. awas nangis di kampung orang loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata siapaa gak mudik Uncle? Masih mudik loo,. tapi ntar mepet mepet mo lebaran :D

      Delete

Post a Comment

Speak Up...!!! :D

Popular Posts